logo blog

Pemilihan Pondasi Bangunan Berdasar Daya Dukung Tanah

Pemilihan Pondasi Bangunan Berdasar Daya Dukung Tanah

 Pondasi dibuat pada saat paling awal dalam mendirikan rumah, tetapi kekuatan dan ketepatannya menjadi yang terpenting selama sebuah rumah berdiri. Karena fungsi yang penting tersebut, pengerjaan pondasi haruslah dikerjakan dengan tepat dan cermat. 

 Dalam pemilihan bentuk pondasi, jenis pondasi dan kedalaman pondasi bangunan yang memadahi, perlu diperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pekerjaan pondasi tersebut. Hal ini disebabkan tidak semua jenis pondasi dapat dilaksanakan di semua tempat.(Misal penggunaan pondasi tiang pancang pada daerah padat penduduk tentu tidak tepat meskipun secara teknis telah memenuhi syarat).

 Berikut ini cara memilih pondasi berdasarkan daya dukung tanah :
  1. Bila kondisi tanah keras terletak pada permukaan tanah atau kedalaman pondasi antara 2-3 meter di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah pondasi dangkal. (misal: pondasi jalur, pondasi telapak atau pondasi strauss pile).
  2. Bila kondisi tanah lunak hingga kedalaman kurang lebih 6 meter maka jenis pondasi yang dapat di gunakan adalah pondasi strauss pile atau bor pile manual
  3. Bila tanah keras terletak pada kedalaman sekitar 10 meter atau lebih di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah pondasi bored pile, pondasi sumuran atau pondasi minipile.
  4. Bila tanah keras terletak pada kedalaman 20 meter atau lebih di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah pondasi tiang pancang atau pondasi bored pile.
Bagaimana cara mengetahui letak posisi tanah keras?

Untuk mengetahui letak kedalaman tanah keras ada 2 cara yaitu dengan melakukan uji tanah dengan alat sondir ( soil test ) dan secara manual atau saat pekerjaan pondasi berlangsung (bor pile, strauss pile dan tiang pancang) atau bisa ditanyakan ke lingkungan sekitar yang pernah menggunakan pondasi dalam, karena pada umumnya dalam suatu lingkup wilayah letak kedalaman tanah keras tidak berbeda begitu jauh.
Tampak grafik yang turun horisontal adalah letak tanah keras

Perlu anda ketahui, kenyamanan rumah tidak hanya tercipta dari kebersihan, keindahan arsitektur serta desain dari rumah itu sendiri tetapi juga dapat tercipta dari bagaimana rumah yang didirikan memberikan rasa keamanan bagi para penghuninya.

Keamanan disini seperti halnya membuat pondasi rumah kokoh sehingga tidak merasa khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (bangunan retak bahkan hal terburuk bangunan roboh / ambruk) . Oleh karena itu, ketika Anda ingin membangun rumah pastikan tidak hanya mementingkan desain apiknya tetapi juga pentingkan pula kekokohannya.

Jika anda berencana membangun rumah dengan menggunakan pondasi bor pile atau strauss pile silahkan hubungi

Artikel ini berkaitan dengan hasil penelusuran :
cara membuat pondasi rumah yang kokoh dan kuat, bikin pondasi rumah, pondasi rumah pada tanah lunak, pondasi rumah tanah bekas rawa, pondasi yang cocok untuk rumah 2 lantai, pondasi rumah sederhana, pondasi rumah minimalis, pondasi rumah tinggal, kedalaman pondasi rumah

Share this:

Enter your email address to get update from Mas Supri.

1 komentar

share aja nih penjelasan tentang daya dukung tanah

constructionfordummies.blogspot.co.id

Copyright © 2015. PONDASI-STRAUSS.COM - All Rights Reserved
BLOG Mas Supri Proudly powered by Blogger